Minggu, 23 Oktober 2011

Dosakah Menggambar?

Apakah melukis manusia itu dosa, menurut islam?
saya suka melukis manusia terutama wajah dengan sangat mirip. kata teman, saya telah berusaha menyaingi ciptaan Allah, dan akan diminta pertanggungjawaban nya di hari kiamat. apa itu benar? thanks. jawab: Memang terdapat beberapa dalil shahih yg menunjukkan adanya pelarangan tersebut. Diantaranya:
"Orang yang paling mendapat siksa pada hari kiamat adalah para pembuat gambar (pelukis)" (HR. Bukhari, Muslim)
"Sesungguhnya pemilik gambar ini akan diadzab dan akan dikatakan kepada mereka. Hidupkanlah apa yang telah engkau ciptakan." (HR.Bukhari, Muslim)
Sehingga jika berdasarkan kedua hadits itu saja kita akan bisa memahami, bahwa memang terdapatlarangan melukis makhluk hidup.
Beberapa ulama menganggap bahwa inti hidup makhluk adalah pada kepala, terutama wajah. Sehingga Anda jangan heran jika menjumpai foto atau gambar orang, misalnya dalam poster tatacara sholat atau wudhu, pada bagian wajah akan terlihat kosong atau dihapus. Tidak terlihat gambar mata, hidung, mulut, atau bagian lainnya yang biasa terdapat pada wajah.
Jika Anda mengamati pada kenyataannya, dengarkan saja bagaimana komentar teman-teman pada saat melihat hasil karya Anda.Bisa saja Anda akan mendengar:"wah, jelek sekali wajahnya.." atauyg lebih ngeri lagi jika menyampaikan "wah, bagus sekali lukisanmu, lebih bagus dari wajah aslinya.." Kata-kata tersebut menunjukkan bahwa Anda mampu membuat sesuatu yang lebih buruk atau jauh lebih bagus dari ciptaan Alloh Swt.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saya mengharapkan tanggapan Anda tentang postingan diatas, silahkan tuliskan komentar Anda di kolom ini. Terima Kasih